TIPS MENGATASI GANGGUAN PENCERNAAN

TIPS MENGATASI GANGGUAN PENCERNAAN

Sering kali, gangguan pencernaan bisa hilang tanpa pengobatan dalam beberapa jam. Namun, jika gejala bertambah buruk, Anda sebaiknya periksa ke dokter Anda. Hindari pemicu gangguan pencernaan, seperti  makanan atau kegiatan tertentu, untuk mengobati gangguan pencernaan:

  • Cobalah untuk tidak mengunyah dengan mulut terbuka, berbicara sambil mengunyah, atau makan terlalu cepat. Hal ini menyebabkan Anda menelan terlalu banyak udara, yang dapat memperburuk gangguan pencernaan.
  • Minum cairan setelah makan dan tidak saat makan
  • Hindari makan larut malam
  • Hindari makanan pedas
  • Berhenti merokok
  • Hindari minuman beralkohol

Jika gangguan pencernaan tidak reda setelah membuat perubahan ini, dokter mungkin meresepkan obat untuk mengurangi gejala Anda. Karena gangguan pencernaan adalah gejala dan bukan penyakit, pengobatan biasanya tergantung pada kondisi yang menyebabkan gangguan pencernaan.

 

Apa saja tips untuk mengatasi gangguan pencernaan?

Jika Anda memiliki gangguan pencernaan akibat penyakit lain, Anda sebaiknya mengetahui tentang penyakit tersebut dan bagaimana mengelolanya. Dengan demikian, Anda dapat benar-benar mengurangi risiko gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan dapat lebih baik dengan membuat perubahan hidup yang positif. Berikut adalah beberapa tips untuk mengendalikan gangguan pencernaan:

  • Menjaga berat badan yang sehat

Obesitas membuat lebih mudah bagi asam lambung mengalit ke kerongkongan Anda. Menjaga berat badan yang sehat dengan olahraga teratur dan memiliki pola makan yang sehat dapat mengurangi gangguan pencernaan. Anda dapat mengurangi jumlah makanan berlemak, makanan pedas atau apapun yang mengandung kafein seperti kopi, teh atau coke untuk mencegah gangguan pencernaan.

  • Berhenti merokok dan minum alkohol

Bahan kimia dalam rokok dan alkohol bisa membuat otot kerongkongan Anda rileks, sehingga terjadi refluks asam.

  • Memiliki rutinitas tidur yang baik

Hindari makan 3-4 jam sebelum tidur. Ketika Anda berbaring, kerongkongan jauh lebih santai. Makan makanan sebelum tidur akan membuat asam dihasilkan dalam perut kita, sehingga meningkatkan risiko refluks asam. Tempatkan beberapa bantal untuk menopang kepala Anda atau bahu agar pada posisi di atas dapat mencegah asam lambung bergerak naik dari saluran pencernaan Anda saat Anda sedang tidur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *