Penyebab Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

Penyebab Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang bermula dari asam lambung yang sering naik. Penyakit asam lambung ini kadang banyak orang yang menyepelakan bahwa penyakit ini penyakit yang biasa saja .Namun tahukah anda bahwa penyakit asam lambung ini bisa berakibat fatal jika tidak segera di tangani. Akibat ketidaktahuan mengenai penyakit ini, banyak orang yang menganggap penyakit ini merupakan penyakit yang biasa saja.

Dalam pembagiannya, penyakit asam lambung ini di bedakan dari beberapa tipe. Dan salah satu tipe yang berbahaya adalah penyakit asam lambung akut, dimana penyakit ini lebih berbahaya dari penyakit asam lambung kronis.Penyebab Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

Terjadinya kenaikan pada lambung ini di sebabkan adanya beberapa faktor. Dan salah satu penyebab yang menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan di antaranya di sebabkan oleh :

1) Makanan
Faktor makanan yang di konsumsi sehari-hari juga berpengaruh pada asam lambung yang ada di dalam lambung anda. Jenis makanan yang kurang tepat saat di konsumsi dapat menyebabkan asam lambung mudah naik dan hal ini akan berpengaruh pada kondisi tubuh. Contoh makanan yang menjadi penyebab asam lambung naik ke kerongkongan di antaranya: Makanan berlemak tinggi, Makanan mengandung minyak, Makanan yang kurang higienis, Makanan pedas, Makanan yang memiliki rasa yang terlalu asam, Makanan junk food.

2) Minuman
Faktor beriktunya yang menjadi penyabab asam lambung naik ke kerongkongan adalah dari minuman yang di konsumsi sehari-hari. Minuman yang menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan diantaranya Minuman beralkohol, Kopi, Minuman softdrink, Soda, Minuman yang terlalu dingin. Dan untuk mencegah asam lambung tersebut naik ke kerongkongan, sebaiknya anda hentikan kebiasaan buruk tersebut.

3) Idealnya Berat Badan
Perlu anda ketahui bahwa salah satu penyebab asam lambung naik ke kerongkongan adalah dari berat badan anda yang terlalu melar atau dengan kata lain adalah obesitas. Obesitas di hubungkan dengan penyakit asam lambung ini memang berkaitan sekali. Orang yang memiliki berat tubuh yang terlalu obesitas itu berarti tidak terlalu baik dalam mengkonsumsi makanan dan orang yang mengalami obesitas akan meningkatkan tekanan yang ada di dalam perutnya, sehingga asam lambung terdorong dan memudahkannya untuk naik.

4) LES Yang Tidak Kuat
LES merupakan sebuah katup yang ada antara lambung dan kerongkongan. LES ini apabila memiliki fungsi yang kuat, maka akan menjadi tolak ukur kesehatan lambung anda. Namun sebaliknya apabila LES yang kita miliki kendur dan tidak mampu menjaga asam lambung naik, hal ini akan memudahkan asam lambung tersebut naik ke kerongkongan.
Dengan demikian semua faktor di atas saling berhubungan. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit asam lambung, sebaiknya anda jaga kesehatan anda. Dan hindari penyebab asam lambung naik ke kerongkongan.

Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat.
Salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *