Beranda » Info » Ternyata Makanan Ini Dapat Mencegah Nyeri Asam Lambung

Ternyata Makanan Ini Dapat Mencegah Nyeri Asam Lambung

T Diposting oleh pada 7 March 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2305 kali

Asam lambung tinggi , yang sering dikaitkan dengan penyakit maag, banyak dipercaya orang disebabkan oleh stres. Padahal tak selalu begitu faktanya.

Asam lambung seperti yang diderita Finalis Putri Indonesia, Jean Trifena Patty, tidak disebabkan secara langsung oleh stres. Melainkan oleh bakteri bernama Helicobacter pylori. Inilah yang kemudian membuat penderita asam lambung sering diresepkan antiobiotik dan penekan asam oleh dokter.

Melansir Reader’s Digest, ternyata ada beberapa makanan yang bisa menekan bakteri tadi. Beberapa makanan ini membantu menyembuhkan dan mencegah asam lambung:

1. Madu

Mencegah Nyeri Asam LambungMadu bisa memerangi bakteri. Rumah sakit dan klinik terkadang mengoleskan madu pada luka bakar dan luka terbuka lainnya. Tak hanya memerangi bakteri pada kulit, madu juga bisa menaklukkan H. pylori. Para peneliti dari Selandia Baru telah menguji madu yang berasal dari bunga Manuka pada bakteri penyebab asam lambung. Mereka menemukan madu tadi menekan perkembangbiakkan bakteri.

Rekomendasi dosis: Karena penelitian terhadap madu ini masih baru, jadi dosis spesifik belum lagi ditentukan. Namun cobalah untuk mengonsumsi satu sendok makan madu alami di pagi dan malam hari untuk menenangkan perut Anda, karena bakteri H.pylori berkembangbiak dalam waktu lama, pastikan Anda tetap mengonsumsi madu beberapa lama setelah simtom asam lambung hilang.

2. Sayuran hijau

Mencegah Nyeri Asam LambungBrokoli, brussel sprouts, kembang kol, dan kale bisa mencegah naiknya asam lambung. Sayur-sayuran tadi mengandung sulforaphane, senyawa yang bisa memerangi H. pylori. Dalam suatu studi, pasien yang positif memiliki bakteri tadi diminta untuk memakan setengah gelas brokoli dua kali sehari selama seminggu. Tujuh puluh delapan persen dari pasien tadi kemudian dites dan mendapatkan hasil negatif untuk bakteri H. pylori.

Rekomendasi dosis: Walau masih menunggu hasil pasti seberapa banyak sayuran tadi dibutuhkan untuk memerangi asam lambung, cobalah untuk mengonsumsi satu cangkir sayur-sayuran tadi setiap harinya. Tak hanya brokoli dan lainnya membantu melawan asam lambung, tapi juga bisa mensumplai vitamin C yang cukup untuk memenuhi dosis harian. Hal ini juga akan membantu Anda memerangi asam lambung.

3. Kol

Mencegah Nyeri Asam LambungPara peneliti menilai, mungkin karena kol memiliki asam amino glutamin di dalamnyalah yang membuat sayuran ini efektif memerangi asam lambung. Glutamin membantu memperkuat lapisan mucosal di dalam usus, dan meningkatkan aliran darah di perut.

Kedua hal tadi tidak hanya akan mencegah nyeri asam lambung sekaligus penyakit maag, tapi juga mempercepat sembuhnya rasa nyeri yang sudah ada.

Rekomendasi dosis: Makan dua cangkir kol mentah setiap hari. Kalau suka, Anda juga bisa mengonsumsi jus kol mentah. Minumlah sebotol sehari selama tiga minggu untuk lambung yang lebih baik.

4. Yogurt dengan bakteri aktif

Mencegah Nyeri Asam LambungMakanan seperti yogurt dan kefir memiliki bakteri baik yang bisa mengalahkan H. pylori, dan bisa membuat nyeri maag sembuh lebih cepat.

Dalam suatu studi besar di Swedia, orang-orang yang meminum produk susu fermentasi, seperti yogurt, tiga kali seminggu, lebih kecil kemungkinannya terserang penyakit lambung.

Rekomendasi dosis: Konsumsi yogurt, kefir, atau produk susu fermentasi lainnya secangkir sehari. Hindari produk yang mengandung pemanis buatan, atau yang tidak disertai bakteria aktif.

5. Makanan berserat

Buah-buahan, sayur, atau gandum utuh mengandung kadar serat yang tinggi. Serat tak hanya bisa memperlancar pencernaan, tapi juga bisa mencegah maag

Beberapa penelitian telah menemukan, orang yang mengonsumsi diet tinggi serat, memiliki risiko lebih kecil terkena asam lambung.

Rekomendasi dosis: Panduan kesehatan umum menyarankan, mengonsumsi 25 sampai 35 gram serat setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Semoga bermanfaat , jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman teman, karena 1 kebaikan akan di balas berlipat kebaikan 🙂

Belum ada Komentar untuk Ternyata Makanan Ini Dapat Mencegah Nyeri Asam Lambung

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

a Artikel Terkait Ternyata Makanan Ini Dapat Mencegah Nyeri Asam Lambung

Ketika Asam Lambung Naik Hingga Tenggorokan

T 15 March 2017 F A ramuanku

Ketika Asam Lambung Naik Hingga Tenggorokan  – Asam lambung memegang peranan penting dalam fungsi pencernaan. Zat yang diproduksi lambung ini bisa mengurai makanan agar mudah diserap oleh tubuh. Hanya saja, jika sampai keluar dari area lambung, asam lambung bisa membawa... Selengkapnya

Awas Bahaya Kanker Kelenjar Getah Bening Jika Tidak Segera Diobati

Awas Bahaya Kanker Kelenjar Getah Bening Jika Tidak Segera Diobati

T 19 April 2017 F A ramuanku

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan. Siapa yang tak ngeri ketika mendengar penyakit yang satu ini, selain susah untuk disembuhkan atau memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk dapat sembuh. Penyakit ini juga sangat dianggap berbahaya karena dapat menyebabkan kematian apalagi... Selengkapnya

AWAS Bahaya Asam Lambung Jika Dibiarkan

AWAS Bahaya Asam Lambung Jika Dibiarkan

T 9 April 2017 F A ramuanku

AWAS Bahaya Asam Lambung Jika Dibiarkan Terus Menerus Cairan lambung atau yang biasa dikenal dengan asam lambung berguna dalam proses pencernaan kita. Guna dari cairan lambung ini meliputi fungsi penyerapan nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12 hingga untuk... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Kantor Kami

Perum Mutiara Citra Blok G No 27 Jalan Gunung Manggu Kel. Sukamaju Kidul Kec Indihiang Kota Tasikmalaya Jawa Barat Indonesia 46151 SMS/TLP/WA/TELEGRAM : 0813 1243 5956 BBM : D04F1A9A