Ciri-ciri serta cara mencegah Asam Lambung Naik Ke Dada Dan Kerongkongan

Naiknya asam lambung ke dada dan kerongkongan ( GERD ) menjadi salah satu hal yang paling sering dialami dan terjadi, untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui ciri atau gejala asam lambung naik ke dada atau kerongkongan.

berikut ini adalah beberapa ciri ciri asam lambung naik ke dada atau kerongkongan, yang umumnya dialami oleh penderita asam lambung, yakni :

Maag , Gerd , Asam lambung

Munculnya Nyeri Disertai Sensasi Terbakar Pada Dada

Salah satu gejala utama penyakit asam lambung adalah munculnya rasa nyeri dan panas pada dada atau ulu hati.Hal tersebut muncul akibat dari naiknya asam lambung menuju ke dada atau kerongkongan , naiknya asam lambung ke dada dan kerongkongan juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan sehingga susah menelan.

Perut Terasa Mual Dan Kembung

Lebih lanjut gejala dari penyakit asam lambung adalah munculnya rasa mual dan perut terasa kembung  jika penderita mengkonsumsi makanan yang bersifat asam

Perut Terasa Nyeri Dan Perih

Asam lambung memiliki gejala yang mirip dengan penyakit maag yakni bisa menyebabkan perut terasa nyeri dan perih.Namun hal yang membedakannya adalah rasa nyeri dan perih yang disebabkan oleh naiknya asam lambung biasanya akan muncul ketika mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung pada tubuh seperti : cuka, buah asam dan lain sebagainya.

Sendawa Terus Menerus

Seseorang yang menderita penyakit asam lambung juga biasanya akan mengalami sendawa yang terus menerus utamanya pada saat asam lambung naik ke dada dan kerongkongan.

Kesulitan menelan

Naiknya asam lambung secara terus menerus, seiring waktu akan melukai kerongkongan dan memicu timbulnya jaringan parut atau pembengkakan yang menyebabkan terjadinya penyempitan kerongkongan, sehingga membuat penderitanya mengalami kesulitan atau nyeri saat menelan makanan.

Mulut Terasa Pahit

Munculnya rasa pahit pada lidah membuat mulut terasa tidak nyaman.Hal tersebut merupakan  efek dari asam lambung yang naik hingga ke mulut, sehingga zat asam akan menimbulkan efek pahit pada bagian mulut.

Munculnya air liur yang berlebihan

Munculnya air liur yang berlebihan ini biasanya merupakan tanda dari proses pembersihan iritan – iritan yang berada pada lambung.

Radang Pita Suara ( Laringitis )

Naiknya asam lambung ke dada dan kerongkongan bisa menginfeksi bagian pita suara yang bisa menyebabkan rasa sakit di tenggorokan, suara berubah menjadi serak dan parau serta sulit menelan.

itulah beberapa ciri ciri asam lambung yang biasanya dialami oleh seseorang yang terkena penyakit asam lambung GERD.

Segera atasi dan obati dengan serius ketika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan. Dengan begitu makan hal buruk akibat penyakit tersebut bisa dihindari.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa di lakukan sendiri dirumah untuk mencegah dan meredakan gejala penyakit asam lambung, yaitu :

  1. Mengatur pola makan
  2. Istirahat yang cukup
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Berolahraga secara teratur
  5. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung pepsin, yaitu makanan yang terlalu pedas
  6. Kurangi makanan yang sifatnya instan dan asam
  7. Makanlah jenis makanan yang dapat menurunkan asam lambung
  8. Hindari mengkonsumsi alkohol ,minuman yang bersoda dan  kafein secara berlebihan
  9. Sering melakukan medical check up secara rutin

Bagaimana pun Mecegah lebih baik daripada mengobati . Semoga bermanfaat dan salam sehat