6 MANFAAT KUNYIT ATASI MASALAH PENCERNAAN

6 MANFAAT KUNYIT ATASI MASALAH PENCERNAAN

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan rempah-rempah bernama kunyit. Namun tahukah Anda apa saja khasiat kunyit selain sebagai bumbu penyedap makanan?

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah alami yang memiliki sejuta manfaat, antara lain manfaat kunyit untuk pencernaan. Dengan warna kuningnya yang khas, kunyit biasa dijadikan pewarna alami makanan serta ramuan dalam teh herbal. Lalu, apa saja manfaat kunyit untuk pencernaan? Simak manfaatnya di bawah ini.

 

Beberapa Manfaat Kunyit Untuk Pencernaan

  1. Sebagai Ramuan Anti Peradangan Tubuh

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kekuatan anti peradangan yang paling kuat. Dalam sebuah penelitian, diuji  117 orang yang didiagnosis memiliki masalah pencernaan. Mereka diberikan 1 gram bubuk kunyit halus untuk dijadikan teh selama 8 minggu. Pada akhir penelitian, hasil yang ditemukan adalah peradangan pencernaan mereka lebih rendah daripada orang yang jarang mengonsumsi kunyit. Hal ini merupakan salah satu manfaat kunyit untuk pencernaan, khususnya mengobati radang usus.

 

  1. Mengobati Penyakit Asam Lambung

Sebuah studi dalam jurnal Systematic Reviews menemukan bahwa, orang yang pada masakannya mengandung satu sendok rempah kunyit, terbukti sistem pencernaannya lebih sehat. Pencernaan yang dimaksud di sini adalah lambung dan usus besar. Beberapa jenis makanan bisa membahayakan kesehatan lambung dan memiliki sifat korosif atau mengikis dinding usus. Senyawa yang terkandung pada kunyit bermanfaat untuk melindungi dan melapisi dinding lambung, dengan cara meningkatkan produksi lendir.

 

  1. Mengurangi Gas Pada Pencernaan

Buang gas (kentut) memang penting untuk memastikan bahwa pencernaan Anda baik-baik saja, tapi kalau sudah berlebihan? Ada yang salah tandanya di dalam perut Anda. Manfaat kunyit untuk pencernaan yang bermasalah ini, ampuh untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Senyawa kunyit berfungsi mengurangi asam pada perut yang berlebih, yang juga membuat perut menjadi kembung. Caranya, coba tuang satu sendok bubuk kunyit halus ke dalam satu gelas air hangat berukuran sedang. Lihat hasil baiknya, selama 2 minggu dengan konsumsi rutin.

 

  1. Meredakan Sakit AkibatIrritable Bowel Syndrom

Irritable Bowel Syndrom (IBS) merupakan suatu kondisi penyakit di mana terdapat kontraksi usus abnormal, sehingga memengaruhi kerja usus besar di sistem pencernaan. Manfaat kunyit untuk pencernaan ini bertindak sebagai obat alami yang mengurangi gerakan otot yang abnormal. Dengan kandungan vitamin, mineral dan bahan kimia baik lainnya, kunyit mampu meredakan sakit yang mengakibatkan diare jika kontraksinya berlebihan.

 

  1. Mengurangi Mual

Rasa mual memang disebabkan oleh banyak kondisi kesehatan yang mendasari, seperti stres, dehidrasi, atau bahkan infeksi pada pencernaan. Jika mual yang dirasakan disebabkan oleh masalah pencernaan, kunyit sebagai rempah alami bisa mengurangi rasa mual pada pencernaan. Kandungan phytochemical pada kunyit ini, berfungsi untuk menghadirkan antioksidan di tubuh yang berfungsi memerangi racun sehingga mual Anda bisa diredakan.

 

  1. Meredakan Diare

Obat, keracunan makanan, virus, dampak alergi, dan makanan yang tidak sehat nyatanya dapat mengakibatkan diare. Dengan meminum ramuan herbal teh kunyit, diare Anda bisa disembuhkan. Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diare.

 

Itulah beberapa manfaat kunyit yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *