Penyebab Asam Lambung Tinggi

Penyebab Asam Lambung Tinggi

asam lambung, GERD, maag
Penyebab Naiknya Asam lambung

Asam lambung merupakan cairan yang ada didalam lambung yang sifatnya panas. Asam lambung hanya akan ada di dalam lambung apabila fungsi lambung berjalan dengan normal, tetapi apabila ada gangguan kesehatan pada lambung maka bisa menyebabkan asam lambung naik dan keluar.

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

 

Penyebab Naiknya Asam Lambung atau GERD

Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Asam lambung naik karena otot  lambung yang tidak berfungsi dengan baik, penyebab kerusakan pada lambung itu belum pasti. Tetapi ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab naiknya asam lambung, seperti berikut ini:

  • Telat makan, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung
  • Gula darah tinggi, bagi penderita gula darah yang tidak dapat menjaga kadar gula darahnya dapat membahayakan kesehatan tubuhnya, selain itu gula darah yang tinggi dapat menjadi faktor naiknya asam lambung.
  • Mengkonsumsi cafein terlalu banyak, mengkonsumsi cafein secara berlebihan dapat menghambat proses pencernaan pada lambung, mengkonsumsi cafein dan coklat juga bisa menyeabkan naiknya asam lambung ke tenggorokan.
  • Setres, penyebab naiknya asam lambung juga dapat di sebabkan oleh adanya gangguan psikologis karna asam lambung dapat naik bukan hanya karna makanan dan minuman saja, namun setres juga merupakan salah satu faktornya.
  • Makanan pedas dan berlemak, mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan berlemak juga dapat menjadi faktor naiknya asam lambung. Karena hal itulah kita harus dapat mengontrol diri agar dapat menjaga pola makan dan tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak juga pedas.
  • Merokok dan minuman beralkohol, selain cafein, rokok dan juga minuman beralkohol mempunyai peranan dan andil dalam meningkatnya cairan asam lambung. Di dalam roko terdapat racun yang apabila kita menghisap rokok racun yang ada di dalam nya juga akan ikut masuk kedalam lambung dan menyebabkan asam lambung meningkat.

Untuk menghindari masalah asam lambung, maka mulai sekarang kita bisa menghindari semua larangan yang menyebabkan gangguan asam lambung dan memperhatikan asupan makanan. Asam lambung sangat penting untuk tubuh dan asam lambung bukan penyakit. Masalah asam lambung yang terlalu tinggi atau rendah adalah penyakit yang menyebabkan gangguan asam lambung. Itulah pemaparan mengenai penyebab asam lambung naik, semoga kita bisa waspada dan terhindar dari penyakit yang satu ini.

Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung Tinggi

Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung Tinggi

Asam lambung yang tinggi atau naik ke saluran pernafasan dibagian tenggorokan umumnya dialami oleh semua penderita Maag.  Gejala ini sangat tidak nyaman karena menyebabkan sakit perut, perasaan sesak di bagian dada dan nyeri yang sangat hebat. Jika tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan komplikasi. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini tidak sembuh total adalah makanan. Karena itu penderita penyakit ini sering merasa frustasi karena tidak bisa memilih makanan dengan bebas. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang menyebakan asam lambung tinggi :

  1. Keju

Keju yang mengandung lemak tinggi akan menyebabkan asam lambung naik. Hal ini bisa membuat perut terasa perih dan melilit setelah makan keju. Jika Anda tetap ingin makan keju maka pilih jenis keju yang rendah lemak. Selain itu hindari semua jenis krim keju karena biasanya diolah dari keju yang mengandung lemak tinggi.

  1. Semua Minuman Bersoda

Semua jenis minuman berkarbonasi atau bersoda bisa menyebabkan penyakit maag dan asam lambung memburuk. Sehingga memberikan efek tekanan yang cukup berat untuk perut. Setelah itu perut terutama bagian lambung menjadi sensitif dan menghasilkan banyak cairan asam.

  1. Kopi

Kopi juga menjadi minuman yang bisa membuat produksi asam dalam lambung menjadi sangat tinggi. Sebab kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan lambung menjadi sangat sensitif. Selain itu karena kopi mengandung kafein maka juga bisa membuat bagian produksi udara dalam perut yang bisa menyebabkan asam naik ke kerongkongan.

  1. Makanan yang Digoreng

Semua jenis makanan yang digoreng bisa menyebabkan kadar asam lambung naik atau sampai ke kerongkongan. Minyak akan membuat pencernaan menjadi tidak nyaman dan sering memancing Anda untuk bersendawa. Ketika bersendawa maka sebagian asam dari lambung bisa naik hingga ke kerongkongan. Kondisi ini bisa menyebabkan mual dan muntah  berlebihan. Sebaiknya kurangi Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung Tinggi.

  1. Daging tinggi lemak

Anda juga perlu menghindari memakan daging-daging tinggi lemak secara berlebihan. Sepertidaging  sapi, domba perlu dihindari, sebab daging akan lama berada di dalam lambung, sehingga dapat meningkatkan refluks. Namun, Anda tetap membutuhkan daging, karena nutrisinya untuk tubuh. Alternatif yang bisa anda lakukan adalah membuang lemak dari daging, dan makanlah daging hanya seminggu sekali. Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung Tinggi

Semoga informasi ini bermanfaat.